Belitung! Solo Traveling atau Open Trip ?

Salah satu hal yang menyemangati saya ketika weekdays adalah merencanakan liburan weekend apalagi long weekend! Hingga pada tanggal 23 Januari kemarin, saya sempat iseng membuat poll melalui fitur instagram story.

“Berpergian sendiri untuk liburan. Pilih mana? (Belitung / Lampung)” 88% menjawab “Belitung”. Saya lanjutkan pertanyaan poll tersebut dengan pertanyaan “Gak bisa nyetir motor/mobil. Tapi pengen berpergian sendiri. Lebih hemat dan lebih seru mana? (Jalan Sendiri / Ikut Open Trip).”. Dan 64% menjawab “ikut open trip”.

Waktu berlalu hingga bulan April. Tepatnya, tanggal 5 April 2018, 2 minggu setelah saya boleh keluar dari rawat inap 2 hari di rumah sakit. Hari itu, saya merasa penat dan berpikir untuk segera menyendiri berlibur.  Karena saya menyukai pantai, tentu saya akan mencari kota dengan destinasi wisata pantai yang banyak. Januari kemarin, saya baru saja kembali dari 10 hari liburan di Bali. So, perjalanan kali ini saya memutuskan pergi ke Belitung. Yeaaah!!

Saya mulai mencari info-info wisata di Belitung ala backpacker dan juga open trip. Saya membaca banyak travel blog mengenai solo backpacker / solo traveling ke Belitung. Hingga akhirnya saya memutuskan untuk ikut open trip.

Mengapa?

  1. Saya tidak bisa menyetir mobil maupun motor. Sehingga akan sangat sulit bagi saya jika ingin solo traveling ke sebuah tempat. Saya pernah nekad melakukannya ketika saya di Bali. Saya menyewa mobil + supir untuk mengantar saya kemana-mana. Tentu menyenangkan dan tidak terlalu capek. Namun, biaya yang dikeluarkan akan cukup besar dibanding kamu menyetir sendiri.
  2. Belitung tidak punya kendaraan umum maupun ojek online, seperti gojek, gocar ataupun grabbike. Tentu ini berpengaruh besar saat saya mengambil keputusan ini. Jika saya tidak menyewa mobil / motor, maka biasanya saya menggunakan kendaraan umum. Namun, bagaimana jika kota tersebut tidak punya kendaraan umum?
  3. Harga sewa kapal untuk island hopping bagi solo traveler lumayan mahal. Sebenarnya bisa saja, jika saya ikut dengan rombongan orang lain yang saya temui di Belitung nanti. Saya akan meminta mereka agar bisa bergabung di kapal mereka dengan membayar sejumlah biaya, yang jauh lebih murah. Namun, saya tidak mau dan tidak berani melakukannya. Saya bukan tipe orang yang gampang bergaul dengan orang-orang yang baru saya temui pertama kali.
  4. Saya belum pernah ke daerah Sumatera. Walau ini hal minor, namun saya belum berani melakukan solo traveling ke daerah yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya apalagi daerah dengan keterbatasan kendaraan umum!

Karena keempat hal tersebut, saya memutuskan untuk mengikuti open trip!

Well, sekarang waktunya pencarian open trip yang cocok di kantong tapi dengan destinasi yang lebih banyak.

Saya memulainya dengan mesin pencari google dan menemukan beberapa tour ke Belitung. Setelah dibanding-bandingkan, saya akhirnya memilih Wuki travel. Saya menghubungi contact person Wuki Travel via whatsapp dan menanyakan beberapa hal mengenai perjalanan dan pembayaran.

Karena ini akan menjadi pengalaman pertama untuk pergi bersama sebuah tour, saya khawatir kalau-kalau saya akan ditipu. Tak jarang, kita juga banyak mendengar mengenai penipuan tour-tour semacam ini. Tanpa berlama-lama lagi, saya mencari Wuki Travel di instagram, membaca beberapa testimoni, melihat hashtag #wukitravel di instagram dan mencoba mencari di google mengenai penipuan tour-tour. Dan, BERSIH! Testimoninya sangat baik dan rekomendasi. Wuki Travel juga membuka trip ke Raja Ampat, Labuan Bajo, Derawan, bahkan ke Jepang. Saya sarankan juga bagi teman-teman yang akan melakukan perjalanan dengan tour maupun pembelian-pembelian online dengan harga yang mahal untuk membaca review yang pasti sudah banyak tersebar di internet.

Singkat cerita, saya transfer uang DP perjalanan ke Belitung dan kemudian di-invite ke grup perjalanan bersama teman-teman yang nanti juga akan ke Belitung bersamaan. Semua koordinasi antara pihak tour dengan kami dilakukan melalui grup tersebut.

Hingga akhir perjalanan dari Belitung, saya merasa sangat puas dengan fasilitas dan layanan dari Wuki Travel.

Jadi, jika ditanya Solo Traveling ke Belitung atau Open Trip ? Maka saya akan menjawab “Ikut Open Trip” 🙂


Follow Instagram: @nestiituagnes
Baca juga: Pengalaman ikut open trip pertama kali!
Baca cerita perjalanan saya ke Belitung di sini.

One thought on “Belitung! Solo Traveling atau Open Trip ?

  1. Pingback: Pengalaman Ikut Open Trip Pertama Kali! | Journey of Life

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s