Quote Drakor “It’s Okay To Not Be Okay” yang Menilik Jiwa

Photo Source: Soompi.com

Drama Korea yang tayang di TVn dan Netflix ini menceritakan tentang seorang Pria Moon Kang Tae (diperankan oleh Kim Soo Hyun) yang bekerja di OK Psychiatric Hospital dan seorang wanita Ko Moon Young (diperankan oleh Seo Yea Jin) yang memiliki gangguan kepribadian antisosial dan juga bekerja sebagai penulis buku anak-anak yang populer.

Kang Tae memiliki seorang kakak laki-laki, Moon Sang Tae (diperankan oleh Oh Jung Se) yang menderita autisme. Drama ini dilanjutkan dengan kisah pertemuan dan percintaan mereka yang mengalami banyak rintangan. Dan tanpa sadar, masa lalu mereka menyimpan luka yang berusaha mereka obati bersama.

Dalam setiap episodenya, banyak ucapan-ucapan yang bagiku pribadi sangat menilik jiwa. Walau terlihat sebagai ucapan yang sederhana, ucapan ini memiliki makna yang dalam. 

Berikut quote / ucapan-ucapan yang ada di drakor “it’s okay to not be okay”.

“If you want to make the people around you happy, you must find your own happiness first. Being selfish isn’t always a bad thing. Try to think only about your happiness when things are too stressful. It’s okay to do that.”

(Terjemahan Bahasa Indonesia: jika kamu ingin membuat orang-orang disekitarmu bahagia, kamu harus menemukan kebahagiaanmu terlebih dahulu. Terkadang menjadi egois tidak selalu buruk. Cobalah hanya berpikir tentang kebahagiaanmu ketika kamu sedang stress. Tidak masalah untuk melakukan hal tersebut).

Kalimat ini diucapkan oleh Nam Joo Ri (diperankan oleh Park Gyu Young) saat sedang memotivasi Kang Tae dan mendorongnya untuk meminta maaf dari Kakaknya, Moon Sang Tae .

“So don’t forget any of it (your worse past), remember it all and overcome it. If you don’t overcome it, you’ll always be a kid whose soul never grows”

(Terjemahan Bahasa Indonesia: jangan melupakan semua masa lalu (pahit) kamu, ingatlah semua dan kalahkan itu. Jika kamu tidak mengalahi itu, kamu akan selalu menjadi anak-anak yang tidak bertumbuh.)

Kalimat ini diucapkan oleh Sang Tae di episode 12 yang tayang tanggal 26 Juli. Saat itu si Sang Tae sedang konseling dengan Director Oh dan juga ada Kang Tae bersamanya.

“I’ll protect you. I’m the older brother, so I’m your guardian”

(Terjemahan Bahasa Indonesia: aku akan melindungimu. Aku adalah kakakmu, jadi aku adalah penjagamu)Kalimat ini diucapkan juga oleh Sang Tae kepada Kang Tae. Saat itu Kang Tae baru sedang terpuruk karena mengetahui ada relasi antara kematian mamanya dengan mama si Moon Young. Kang Tae memeluk erat sang kakak dan mengakui ketakutannya. Sang Tae menenangkannya dengan kalimat “Are you scared? Of course you’re scared. You are my little brother.”(Apakah kamu takut? Tentu kamu takut, kamu adikku). Sang Tae kemudian melanjutkan dengan kalimat yang sangat menyentuh hati para penonton, “I’ll protect you. I’m the older brother, so I’m your guardian”

Memorable Lines From “It’s Okay To Not Be Okay” That Touched Our Soul.

“Stop Pretending like it doesn’t hurt” / “Stop Pretending Like you’re okay”

(Terjemahan Bahasa Indonesia: Berhentilah berpura-pura kalau itu tidak menyakitkan / Berhentilah berpura-pura kalau kamu baik-baik saja)

Kalimat ini diucapkan oleh Kang Tae dan juga Moon Young. Sepotong kalimat yang membuat kita berpikir kembali untuk melepaskan “topeng” kalau kita sedang baik-baik saja. Rasa sakit itu harus diakui dan diobati.

Baca refleksi drakor ini di “It’s Okay To Not Be Okay: Drakor yang Berhasil Menilik Jiwa

“I heard we all have a set amount of happiness and misfortune assigned to us. If their lives have been filled up with misfortune up until now, it means only happiness awaits them.”

(Terjemahan Bahasa Indonesia: Kudengar kita semua memiliki kebahagiaan dan kemalangan. Jika hidupmu sudah diisi dengan kemalangan hingga saat ini, maka hanya kebahagiaan yang akan menantimu)

Kalimat yang diucapkan oleh Joo Ri ini menambah semangat kamu untuk menjalani hidup. Setidaknya dari semua pengalaman buruk yang kamu hadapi, akan ada kebahagiaan yang menanti.

“People stick together because they are weak. We lean on each other like this. That’s what makes us human.”

(Terjemahan Bahasa Indonesia: Orang tetap bersatu karena mereka lemah. Kita semua bersandar pada satu dengan yang lain. Itulah yang menjadikan kita manusia)

Kalimat ini diucapkan oleh Director Oh saat melihat mamanya Moon Young, Park Haeng Ja (diperankan oleh Jang Young Nam) ini ditahan oleh polisi di awal episode 15. Saat mengucapkannya Director Oh mengilustrasikan kedua jari telunjuk yang saling bersandar yang terlihat seperti karakter chinese “人” yang artinya “people”.

Baca juga: It’s Okay To Not Be Okay: Drakor yang Berhasil Menilik Jiwa

One thought on “Quote Drakor “It’s Okay To Not Be Okay” yang Menilik Jiwa

  1. Pingback: It’s Okay To Not Be Okay: Drakor yang Berhasil Menilik Jiwa | nestiituagnes' story!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s