Work from Bali, Ini Rekomendasi Tempat Wisata Selama Weekend!

Akhir-akhir ini sedang ramai masyarakat Ibukota yang pergi ke Bali dan bekerja dari Bali. Selama pandemic, banyak kantor yang memberlakukan ketentuan work from home dimana mereka bisa melakukan kerja secara remote dari mana saja. Rumah pun diubah menjadi suasana kantor. Namun, siapa sangka sudah setahun lebih ketentuan ini berlaku. Memasuki masa new normal, banyak yang mulai menyempatkan diri liburan ke luar kota dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Maka, kerja dari Bali pun menjadi salah satu pilihan yang menarik.

Beberapa bulan yang lalu, saya pun menyempatkan diri pergi ke Bali selama 2 minggu dan bekerja dari sana. Saya bersama seorang teman menyewa villa dari air bnb di kawasan Jalan Pandawa, Legian. Karena waktu di Bali lebih cepat 1 jam dari Jakarta, kami punya banyak waktu untuk melihat sunrise di Sanur dan kemudian balik lagi ke penginapan untuk bekerja. Namun, di sore hari, kami tidak punya banyak waktu untuk berkeliling, karena hari sudah gelap ketika kami selesai bekerja. Setelah Senin hingga Jumat bekerja, akhirnya tiba akhir pekan untuk mulai berkeliling Bali.

Berikut beberapa tempat wisata rekomendasi untuk mengisi akhir pekanmu selama Work from Bali:

Trip 2D1N ke Nusa Penida

Nusa Penida adalah sebuah pulau kecil tenggara Pulau Bali. Untuk menuju ke Nusa Penida kamu bisa naik kapal cepat / speedboat dari Pelabuhan Sanur. Nusa Penida tidak terlalu besar, sehingga kamu bisa memanfaatkan Sabtu Minggu kamu untuk berkeliling di sini.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Nusa Penida, kamu bisa membaca ceritanya di sini.

Beach Hopping di Bali Selatan

Jika kamu ingin menghabiskan akhir pekan dengan berkeliling Pantai, maka Bali Selatan adalah pilihan yang tepat. Dari daerah Kuta/Legian, kamu bisa menuju Bali Selatan dengan menggunakan Motor/Mobil. Jika naik motor, maka butuh sekitar 40-45 menit berkendara, sedangkan jika menggunakan mobil, hanya sekitar 30-35 menit.

Ada banyak pilihan pantai di Bali Selatan, seperti Pantai Pandawa atau Melasti yang sudah cukup terkenal. Namun, karena masih pandemic, berikut rekomendasi pantai di Bali Selatan yang masih sepi pengunjung.

Pantai Green Bowl / Green Bowl Beach.

Pantai ini masih sepi dan belum banyak pengunjung. Kamu harus melewati 316 anak tangga untuk sampai ke pantai ini. Namun, rasa lelahmu akan hilang ketika melihat keindahan pantai ini.

Pantai Nunggalan / Nunggalan Beach

Pantai ini masih disebut Private Beach karena lokasinya yang masih sepi pengunjung. Untuk menuju ke sini, kamu bisa parker kendaraan kamu di Villa Plenilunio dan berjalan turun melalui lorong kecil di samping villa. Jalanannya cukup terjal dan belum ada tangga-tangga yang proper.

Dreamland Beach

Dreamland beach disebut juga sebagai New Kuta dengan pantai biru yang terbentang indah. Berbeda dengan Green Bowl Beach dan Nunggalan Beach, dreamland beach lebih mudah diakses dan tersedia beberapa restoran.

Mendaki Gunung Batur

Jika kamu sudah puas berkeliling pantai dan ingin coba ganti suasana, Gunung Batur adalah salah satu pilihan yang tepat. Dari Gunung Batur, kamu bisa menikmati sunrise. Pendakian memerlukan waktu kurang lebih 2 jam dengan ketinggian 1717 mdpl. Setiap pengunjung harus membayar Rp. 75.000 atau jika kamu ingin ditemani tour guide, maka biaya jasanya berkisar dari Rp. 300.000 – Rp. 600.000 per trip.

Beach Hopping di Bali Timur

Bali Timur masih cukup sepi dari pengunjung karena lokasinya yang cukup jauh dari pusat kota. Namun, Bali Timur menyimpan banyak hidden gems yang tidak boleh kamu lewatkan selama berkunjung ke Bali. Kamu bisa berkunjung ke Virgin Beach, Bukit Aseh dan ditutup dengan Blue Lagoon Beach. Jika punya banyak waktu, kamu bisa sempatkan dulu ke Pura Lempuyangan di pagi hari.

Walau objek wisata sudah banyak dibuka, namun kita tetap harus menjalankan protokol kesehatan yang baik dan benar ya. Memakai masker, rutin mencuci tangan/memakai handsanitizer dan menjaga jarak. Baca “Tips Aman Liburan di Bali saat Masa New Normal” di sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s