Wisata ke Phuket: Pengalaman Ikut Tour Phi Phi Islands

Jam 7 Pagi di Phuket, aku bersama seorang temanku sudah bersiap untuk ikut paket wisata keliling Phi Phi Islands yang berada di Negara Thailand. Ini adalah hari kedua perjalanan kami di Negeri Gajah Putih tersebut.

Semenjak dari Indonesia, kami sudah membeli paket tour Phi-Phi Island ini melalui aplikasi klook. Saat itu kami dikenakan biaya sekitar Rp. 1.700.000 untuk paket 2 orang keliling Phi Phi, Maya, Bamboo dan Maiton Islands. Tak cuma itu, paket yang kami beli sudah termasuk harga luxury speedboat, English speaking guide, gratis antar jemput dari dan ke hotel, pelampung, snorkeling mask, snack, dan makan siang prasmanan.

Sebenarnya pagi itu kami ada ketakutan, karena ini adalah pengalaman pertama kami memesan tur melalui aplikasi. Kami tidak diberi tahu kontak driver yang akan menjemput. Sehingga, kamu sudah harus stand by di resepsionis hotel. Selang beberapa menit kemudian, sebuah mobil sejenis hiace parkir di depan hotel dan itulah mobil trip kami hari itu.

Perjalanan dari hotel ke dermaga tempat mulai tour memakan waktu sekitar 1.5 jam, karena mobil tersebut harus menjemput penumpang lainnya. Sesampainya di dermaga, kami masih harus menunggu tim/turis lainnya. Namun, kami disaji dengan welcome drink.

30 Menit kemudian, seorang bapak (maaf, aku lupa namanya) yang akan menjadi tour guide kami hari itu, mengumpulkan kami semua dan memulai briefing. Briefing singkat tersebut menceritakan tentang pulau-pulau apa saja yang akan kami singgahi, lokasi snorkeling, do’s and don’ts.

Setelah briefing selesai, kami dibawa mendekati dermaga untuk mengantri naik speed boat. Disana kami bertemu banyak grup tour yang lainnya. Karena kami mengikuti open trip tour, maka selain aku dan temanku, ada juga 1 tim dari Taiwan beranggota sekitar 12 orang, dan 1 orang solo traveller. 

Singkat cerita, akhirnya kami naik ke speed boat dan perjalanan dimulai (yeaaah).

Phuket Island

Perjalanan ini dimulai dari Phuket Island. Cuaca hari itu kadang sangat cerah, namun tiba-tiba berawan. Angin pun cukup kencang, sehingga speed boat yang kami tumpangi harus melewati ombak yang gede. Well, ini sangat menyenangkan. Semoga kamu yang membaca ini tidak mabuk laut ya, sehingga bisa lebih enjoy perjalanannya. Dari Phuket Island, kami langsung menuju Maiton Island, spot snorkeling.

Maiton Island

Kalau kamu sudah bergaya kece dan siap mengambil foto di setiap pulau, kamu pasti akan sedih ketika mendengar tujuan pertama adalah spot snorkeling. Pasalnya, jika kamu snorkeling, outfit dan rambutmu akan basah (hehehe) dan harus berdandan lagi. Upss, maaf, paragraf ini gak penting (peace).

Spot pertama, 20 menit dari Phuket Island yaitu Maiton Island, spot kece dengan keindahan bawah laut yang luar biasa. Boat berhenti di tengah laut, dan tour guide mempersilakan kami snorkeling di sini. Kamu bisa baca cerita pengalaman snorkeling di Maiton Island di sini.

Maya Bay

Setelah berhenti kurang lebih 30 menit di Maiton Island, kami melanjutkan perjalanan menuju Maya Bay.

Maya Bay memiliki keindahan yang luar biasa. Pantai berpasir putih ini dikelilingi dengan bukit-bukit kapur yang mengandung calcium carbonate. Tidak hanya itu, karena keindahannya ini, pantai ini pernah menjadi lokasi syuting film The Beach yang dibintangi oleh Leonardo Dicaprio. 

Sayangnya, saat aku berkunjung kesana, pantai ini sedang ditutup sementara untuk lokasi wisata dengan alasan coral restoration dan beach recovery. Walau demikian, kami sangat puas dengan memandang keindahannya dari atas kapal dan tak lupa mengambil dokumentasi. 

Loh Samah Bay – Ko Phi Phi Leh, Pileh Lagoon, Viking Cave

Dari Maya Bay, kami melanjutkan perjalanan melewati Loh Samah Bay-Ko Phi Phi Leh, Pileh Lagoon, dan Viking Cave. Ketika lokasi ini hanya kami nikmati dari atas kapal. Warna lautnya yang sangat bersih dan bukit-bukit yang menghiasinya sangat menambah keindahannya.

Perjalanan pun kami lanjutkan ke Monkey Beach.

Monkey Bay

Sama dengan keempat lokasi sebelumnya, kami hanya menikmati Monkey Bay dari atas boat. Seperti namanya, di sini kamu bisa melihat monyet-monyet yang dengan lincahnya memanjat tebing-tebing tersebut. Kamu akan dibuat tertawa dengan tingkah lucu mereka. 

Tonsai Beach, Ko Phi Phi Don

Setelah melewati perjalanan yang seru, pada jam 12.30 siang akhirnya kami tiba di Tonsai Beach, Ko Phi Phi Don. Di sini, boat berhenti dan kami dipersilakan makan siang prasmanan, yang sudah include dalam biaya tour kali ini. Selain itu, kami juga diberi free time sekitar 90 menit untuk berkeliling pulau ini.

Pada Desember 2004, Gelombang Tsunami setinggi 10 feet menghantam pulau ni. Hampir 800 orang hilang, dan lebih dari 5000 orang kemungkinan tewas dihantam gelombang besar. Hampir semua infrastrukturnya hancur. Tsunami ini merupakan akibat gempa besar yang terjadi tiga jam sebelumnya di Aceh, Indonesia. 

Walau demikian, saat aku berkunjung kesana Ko Phi Phi Don ini sudah kembali pulih. Sistem peringatan bencana yang memadai dan juga penduduk desa juga telah dilatih untuk bereaksi terhadap bencana. Terdapat, tanda-tanda “rute evakuasi” di setiap sudut pantai yang mengarahkan untuk berjalan menuju titik tertinggi di pulau ini. Informasi mengenai tsunami ini dikutip dari visit-phiphi.com.

Bamboo Island

Setelah lunch dan beristirahat sejenak, kami melanjutkan perjalanan ke Bamboo Island, spot terakhir kami hari ini. Di sini, kamu bisa snorkeling di sekitar pantainya dan melihat keindahan bawah lautnya. Saat itu, aku dan temanku memutuskan tidak snorkeling, dan hanya berkeliling dan bersenang-senang di tepian pantai. Pasir putih menghiasi sepanjang pantai ini, bersamaan dengan air lautnya yang bening berwarna hijau tosca dan bergradasi menjadi biru tua. 

Seperti namanya, kamu bisa menemukan hutan kecil di tengah pulau. Namun, kamu tidak bisa bermalam di sini, karena tidak ada akomodasi apapun di pulau ini. 

Setelah kurang lebih satu jam kami menikmati keindahan Bamboo Beach, kami pun mengakhiri perjalanan kami hari tersebut dan kembali ke Boat yang akan mengantar kami ke Phuket Island. 

Trip yang kami pilih adalah one-day-trip, dan tidak berkunjung ke James Bond Island. Ada juga tersedia pilihan-pilihan trip lainnya dengan pulau yang lebih beragam. Semoga suatu saat, akan ada kesempatan untuk kembali berkunjung ke sana. 

Perjalanan kali ini sangat berkesan karena kami bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa. Ini juga pengalaman pertamaku mengikuti open trip dan snorkeling di luar negeri. Overall, kami puas dengan trip ini. Beberapa foto yang diambil oleh tour guide pun akan dibagikan melalui akun facebook “Breezy Andaman” tour.

Bagaimana? Apakah cerita kali ini membuat kamu semakin tidak sabar untuk berkeliling Phi Phi Islands? Semoga perjalananmu menyenangkan.

Berikut Map perjalanan kami selama melakukan Tur keliling Phi Phi Islands.

Keywords: Tour Phi Phi Islands, Wisata Phi Phi Islands, Bamboo Island, Trip ke Phi Phi Islands, Phi Phi Don Island, Monkey Bay Thailand, Bamboo Beach, Wisata ke Bamboo Beach, Snorkeling di Bamboo Beach, Snorkeling di Maiton Island, Maiton Island.

One thought on “Wisata ke Phuket: Pengalaman Ikut Tour Phi Phi Islands

  1. Pingback: Pengalaman Snorkeling di Mai Ton Island (Phi Phi Islands) | nestiituagnes' story!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s