Drakor “Start-Up”: Mimpi, Persahabatan, Keluarga dan Cinta

Drama Korea terbaru “Start-Up” telah tayang sejak tanggal 17 Oktober 2020. Kamu bisa melihat chemistry antara Bae Suzy dan Nam Joo Hyuk yang memerankan Seo Dal Mi dan Nam Do San. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menyaksikan penampilan Kim Sun Ho sebagai Han Ji Pyeong dan Kang Han Na sebagai Won In Jae.

Drama yang tayang di tvN dan juga Netflix ini tayang setiap Sabtu dan Minggu dengan total 16 episode. Pada minggu kedua penayangannya, “Start-Up” meraih rating 4.3% menurut Nielsen Korea, dan mencapai 5% pada bagian kedua episode tersebut. 

Spoilers Alert!

“Start-Up” bercerita mengenai kehidupan dan permasalahan anak muda terutama keempat orang karakter utama, Seo Dal Mi, Nam Do San, Han Ji Pyeong dan Won In Jae

Sinopsis “Start-Up”

Episode pertama dibuka dengan mengisahkan cerita 15 tahun yang lalu, dimana Dal Mi dan In Jae, dua orang kakak adik yang harus berpisah karena perceraian kedua orang tuanya. In Jae mengikuti ibunya pindah ke Amerika untuk memulai keluarga yang baru, sedangkan Dal Mi bersama ayahnya tetap di Korea.

Cinta pertama Dal Mi yaitu Nam Do San, seseorang yang sering mengirimkan surat-surat padanya meskipun mereka tidak pernah bertemu. Sosok Do San pada surat tersebut dibuat oleh Han Ji Pyeong dan nenek Choi Won Deok (Kim Hae Sook). Mereka menulis surat untuk Dal Mi agar Dal Mi tidak merasa kesepian karena tidak memiliki teman. Nama Do San yang dipakai terinspirasi dari berita di Koran pada saat itu.

Singkat cerita, setelah 15 tahun berlalu, Dal Mi masih berharap akan bertemu dengan Nam Do San, sosok yang selalu menemaninya melalui surat. Selain itu, dia juga memiliki mimpi untuk membuka perusahaan sendiri walaupun tidak memiliki gelar sarjana. Sosok tangguh, Dal Mi juga reuni kembali dengan kakaknya, In Jae, yang saat itu menjadi pengusaha sukses dan terbantu oleh ayah tirinya yang adalah seorang miliarder. 

Kelanjutan kisah dan relasi keempat karakter ini semakin diperdalam di setiap episode. Bagaimana akhir kisah Do San dan Dal Mi? Apakah Dal Mi akan mengetahui siapa penulis asli surat-surat tersebut? Bagaimana kisah Dal Mi dan mimpinya menjadi seorang pengusaha sukses?

Photo Credit: Soompi

Sosok Seo Dal Mi yang Tangguh

Sejak episode 1, aku suka dengan sosok Dal Mi yang tangguh. Karena keberadaan ekonominya, dia tidak bisa melanjutkan kuliah. Dal Mi pun harus bekerja paruh waktu untuk menghidupi kebutuhannya. Tak cuma itu, ada saat dimana ketika dia berhasil menaikkan angka penjualan, namun tidak dihargai oleh perusahaannya.

Hal ini tidak membuat dia patah semangat. Dia tetap berjuang dan dengan tegas memutuskan untuk meninggalkan perusahaan tempat dia bekerja untuk mengejar mimpinya, mendirikan sebuah perusahaan start-up-nya sendiri. Di episode 3 dan 4, kita bisa melihat bagaimana perjuangan Dal Mi untuk bisa bergabung dan menang di kompetisi “start-up” dari Perusahaan terkenal Sandbox.

Sosok Dal Mi bisa menjadi inspirasi bagi kita untuk tidak patah semangat mengejar mimpi. Mimpi itu untuk diraih, bukan cuma untuk diimpikan saja. 

Nam Do San yang Pantang Menyerah

Selain Dal Mi, karakter Nam Do San juga dibuat unik. Sebagai lulusan IT, setidaknya aku bisa sedikit memahami pemikiran Do San, yang sangat mengedepankan thinking dibanding feeling. Ini terlihat dari kisah dimana dia tidak percaya pada karakter orang berdasarkan golongan darah. Menurutnya, hal ini tidak ada hubungannya dengan science. 

Setelah kuliah, Nam Do San memulai bisnis dengan dua orang temannya di Samsan Tech, yang adalah hasil investasi keluarganya. Namun, perjuangannya di bisnis ini tidaklah mudah. Suatu ketika, bisnisnya ini menjadi pemenang di kompetisi CODA, salah satu kompetisi IT yang terkenal saat itu. Sayangnya, karena tidak memiliki rencana bisnis yang jelas, banyak investor pun tidak melakukan investasi di Samsan Tech.

Do San akhirnya mengikuti kompetisi dan berusaha bergabung dengan Sandbox. 

In Jae yang Gigih dan Ji Pyeong yang Sukses

Di sisi lain, In Jae yang sudah nyaman dengan perusahaan yang dia kelola memutuskan untuk keluar dan memulai bisnisnya sendiri. Dia pun mendaftar di Sandbox dan bersaing bersama dengan Do San dan Dal Mi. Sedangkan Ji Pyeong, adalah seorang investor muda yang sukses. Awalnya dia berniat menolong Dal Mi, sebagai bentuk balas budi pada nenek Choi Won Deok yang telah banyak menolongnya dahulu. Namun, pada akhirnya, sepertinya dia akan terjebak dan jatuh cinta pada Dal Mi.

Tentang Mimpi, Persahabatan, Keluarga dan Cinta

Drama Korea ini terbilang sangat berelasi erat dengan kehidupan anak muda sekarang. Cita-cita, kerja keras, jatuh bangun dalam mengejar mimpi, kisah persahabatan, keluarga dan cinta. Semua hal ini ada di drakor tersebut. Walau terlihat sebagai drama yang serius, drakor ini memiliki sisi humorisnya. Kamu bisa tertawa melihat tingkah polos Do San dan juga kegelisahan Ji Pyeong saat membantu Do San bertemu dengan Dal Mi. Sisi lain, air matamu akan mengalir saat tiba di kisah keluarga Dal Mi dan In Jae, kisah 15 tahun lalu tentang kepergian ayahnya, dan scene dimana Dal Mi bertemu dengan ibunya kembali. 

Bagaimana perjuangan mereka menuju kesuksesan? Apakah Dal Mi dan Do San akan bersama? Apakah suatu saat Dal Mi akan mengetahui sosok dibalik surat-surat 15 tahun yang lalu tersebut? Bagaimana dengan In Jae dan usahanya membangun bisnisnya sendiri dari nol?

Saksikan kelanjutan kisah mereka di “Start-Up” episode berikutnya, tayang Sabtu dan Minggu di jam 21.00 WIB di Netflix.


Keywords:
Start-Up Drakor, Sinopsis Drakor Start-Up, Sinopsis Drakor Start Up, drakor Start Up, Review Drakor Start-Up

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s