Record of Youth: Ambisi, Pride dan Masa Muda

Drama Korea yang tayang mulai dari tanggal 7 September 2020 kemarin cukup menyita perhatianku. Selain karena diperankan oleh Park Bo Gum, salah satu aktor idolaku, drama ini menceritakan tentang kehidupan anak muda yang sedikit banyak berkaitan dengan kehidupanku.

Spoiler Alert

Drama ini menceritakan kehidupan Sa Hye Joon, seorang model yang berkeinginan menjadi seorang aktor. Namun, keluarganya tidak mendukung karir modelnya. Hye Joon berteman dengan Won Hae Hyo (Byeon Woo Seok) dan Kim Jin U (Kwon Soo Hyun). Hae Hyo juga seorang model dan berkarir sebagai aktor. Berbeda dengan keluarga Hye Joon, Mama dari Hae Hyo sangat mendukung karirnya. Dia juga melakukan berbagai cara untuk mendukung karir anaknya tersebut. 

Di suatu kesempatan, Hye Joon dan Hae Hyo bertemu dengan An Jung Ha (Park So Dam), seorang make-up artist. Orang tua Jung Ha berpisah sejak dia masih kecil. Jung Ha pun mengikuti mamanya yang kemudian menikah lagi. Jung Ha seorang gadis mandiri dan juga pekerja keras.

Tentang Ambisi

Di beberapa episode awal, Hye Joon mendapat surat panggilan untuk melakukan wajib militer. Namun, dia masih ragu dan ingin menggapai cita-citanya terlebih dahulu. Karir modelnya pun tidak segemilang yang dia inginkan. Dia beberapa kali berusaha casting sebagai aktor, namun gagal. Disaat dia ingin menyerah, Lee Min Jae (Shin Dong Mi) justru menaruh kepercayaan dan menolong Hye Joon. Sejak saat itu, Min Jae menjadi manager-nya dan juga menolong Hye Joon merintis karirnya sebagai Aktor.

Aku sangat tertarik dengan cerita dimana menunjukan ambisi yang besar dari Hye Joon. Dia tidak mudah menyerah, walau diterpa tekanan dan rintangan. Apalagi bagiku pribadi, rintangan terbesar yang dihadapi Hye Joon berasal dari keluarganya. Papanya, Sa Yeong Nam, terlihat pilih kasih dan lebih memihak pada kakaknya Hye Joon. Disaat yang lainnya tidak percaya pada Hye Joon, dia justru menunjukan kepercayaan yang tinggi pada dirinya sendiri dan orang-orang yang mendukungnya. Bahkan disaat dia sudah menjadi seorang aktor, tantangan itu tidaklah berhenti. Justru terus berdatangan. Di sini, kamu bisa melihat bagaimana Hye Joon bersikap pada setiap tantangan tersebut.

Semangat dari Hye Joon patut kita tiru. Ada satu kalimat yang dia ucapkan saat bertengkar dengan Min Jae, “There are people like that (people who want to see you fail), but there are also people who support me” (Ada orang-orang yang ingin melihatku jatuh, namun, ada juga yang mendukungku)

Tentang Pride

Setiap kali menonton drakor, aku selalu membayangkan bagaimana jika aku ada dalam posisi karakter utama ataupun karakter pendukung. Hal ini membuat aku semakin bisa mengikuti aliran cerita tersebut. 

Aku mencoba memahami perasaan Hae Hyo terhadap Hye Joon. Walaupun keduanya bersahabat sejak kecil, namun perasaan untuk dibanding-bandingkan tidak mudah diabaikan. Apalagi mamanya Hae Hyo selalu “ngomel” kalau Hye Joon lebih berhasil daripadanya. Padahal di episode-episode awal, Hae Hyo lebih “berhasil” dibandingkan Hye Joon. Ku merasa (pendapat pribadi), Hae Hyo mulai terlihat insecure ketika Hye Joon lebih banyak mendapat perhatian dan sukses darinya. Apalagi ketika Hae Hyo tertarik dengan Jung Ha yang pada akhirnya berpacaran dengan Hye Joon.

Kalau berefleksi ke diri sendiri, hal ini sering banget terjadi di kehidupan nyata. Sejak kecil, aku sering dibanding-bandingkan dengan orang lain. Tiap pulang sekolah, ketika nilaiku lebih jelek dibanding teman-temanku, aku selalu ditanya mengapa tidak bisa mengalahkan mereka?

Tentang Masa Muda

Overall, aku suka dengan drama ini karena menceritakan kisah masa muda yang sangat jujur dan natural. Si Jung Ha yang menghadapi tekanan dari seniornya di pekerjaan terlihat sangat riil terjadi juga di kehidupan nyata. Akhirnya dengan kegigihan dan ambisinya, dia mewujudkan impiannya memiliki studio make-up sendiri. Kehidupannya yang jauh dari orang tua membuatnya menjadi lebih mandiri. Hal ini membuat karakter Jung Ha menjadi begitu nyata.

Kisah asmara Jung Ha dan Hye Joon juga berbeda dari drakor-drakor lainnya. Apalagi ini bercerita tentang si make-up artist dan si aktor. Kepercayaan di saat tidak saling bertemu karena Hye Joon yang sibuk, hingga scenes dimana mereka menciptakan kenangan bersama.

Kehidupan Hye Joon, Hae Hyo, Jung Ha dan Juga Jin U di dalam drama ini sangat lekat dan berkaitan dengan kehidupan kita di dunia nyata. Hal ini justru menambah karisma dari “Record of Youth”. Ada banyak hal-hal baik yang bisa diambil dari drakor yang tayang tiap Senin dan Selasa di Netflix ini.

Bagaimana denganmu? Apa kamu juga suka dengan drakor ini? Bagian mana yang paling kamu suka?

Keywords: Record of Youth, Review Record of Youth, Drakor Record of Youth, Drama Korea Record of Youth

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s