Ilustrasi: Take A Deep Breath (Free Lockscreen)

*Tarik napas yang dalam, keluarkan. Trying to relax.*
*Hitung dalam hati 1-10 disaat kamu ingin marah. Jika sudah 10 dan masih belum reda, hitung lagi*

Pernah dengar kalimat seperti ini? Ini adalah kalimat yang disarankan beberapa orang kepadaku ketika aku dalam keadaan ingin marah. Namun, tanpa disangka hal ini juga berlaku ketika aku sedang overthinking.

Beberapa kali tes kepribadian, aku dikategorikan sebagai orang kolerik – melankolis. Di pikiranku banyak sekali hal-hal yang kupikirkan. Mulai dari hal penting hingga yang tidak penting. Jika A, maka aku harus B. Jika begini, maka harus begitu. Bagaimana jika Indonesia…. Apa yang terjadi jika ….Semua ini semakin menggila ketika malam hari bahkan hingga membuatku terjaga sepanjang malam. Aku akhirnya memutuskan untuk melakukan “ritual” singkat sebelum tidur. Tarik nafas yang panjang dan hembuskan, diulang hingga 10-15 kali. Aku mencoba untuk relax. Hingga akhirnya, aku tertidur dan semua pikiran-pikiran liar itu menghilang.

Ini mungkin jadi terapi singkat bagiku sebelum tidur. Aku tidak ingin membahas dari segi kesehatan dan psikologi, karena aku tidak ahli dalam hal tersebut. Namun, bagi kamu yang mungkin mengalami sleepless night / insomnia, atau overthinking, kamu bisa mencoba hal ini.

Hal ini juga berlaku ketika lagi emosi dan ingin marah. Alih-alih marah, aku malah tarik nafas panjang dan mencoba relax. Aku berhitung dalam hati hingga amarahku berkurang. Jika ada kesempatan, aku pergi berlari di lapangan dekat rumah. Bagi kamu, mungkin kamu bisa mencoba hal ini juga. Kamu bisa running, cycling, atau workout.

Aku mencoba membuat lockscreen khusus di HP untuk menjadi pengingatku.

Follow @nestiituagnez for more artwork.

Bagi kamu yang tertarik, kamu bisa download di sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s