Freedom Beach — Hidden Beach in Phuket

Cerita pertama dari seri perjalananku ke Thailand, ku buka dengan kisah mencari hidden beach di Phuket.

Jika berkunjung ke Phuket, destinasi utamanya tak lain adalah pantai! Benar, Phuket, sebuah pulau dan juga provinsi di Negara Thailand ini menyajikan banyak pantai yang sangat indah. Ibarat kata, Phuket seperti “Bali”-nya Indonesia. Kata orang, “kamu belum ke Phuket kalau belum ke Patong Beach!”. Namun, tahukah kamu, sekitar 15 menit dari Patong Beach terdapat sebuah Hidden Beach yang sangat indah?


Freedom Beach!
Hidden beach yang wajib masuk itinerarty kamu. Bagiku, dari perjalananku 3 Hari 2 Malam di Phuket, Freedom Beach adalah pantai yang sangat berkesan. Tentunya, untuk menuju ke Pantai ini, kamu perlu berusaha lebih keras, karena Pantai ini tidak terletak di pinggiran jalan seperti Patong Beach.

How to get there?

Bermodalkan Google Map dan mengendarai sepeda motor sewaan, aku dan temanku berusaha mencari pantai ini di sisa waktu kami di Phuket. Perjalanannya tidak mudah. Dari Patong Beach, kami mengendarai sepeda motor sewaan dan bermodalkan google maps. Kami hampir tersesat, ketika sepanjang perjalanan kami malah naik ke dataran tinggi dan malah menemukan hutan di sana.

“Apakah benar ini jalannya? Kok mau ke Pantai malah jalannya mendaki?”, kami ragu saat itu. Karena ini bukan high season waktu liburan, jalanan yang kami lewati pun terbilang sangat sepi. Hingga akhirnya google map menggiring kami tiba di sebuah “parkiran”, dan ada beberapa motor yang terparkir di sana. Parkiran itu di hutan. Bukan pantai! Kami semakin ragu. Kami bertanya ke penjaganya. “We want to go to Freedom Beach, Do you know how to get there?”. Dan pria itu menunjuk sebuah jalan pendakian dan disuruh belok kanan di pagar dan menurunin ratusan anak tangga.

Parkiran motor tempat kami parkir motor

Parkiran

Wow! Benar ternyata. Ini jalannya. Kami mengikuti petunjuk dari orang itu dan kami tiba di sebuah pagar yang tertutup jalanannya. Kami terdiam, berpikir untuk mungkin kami menyerah saja. 5 Jam lagi jadwal flight kami ke Bangkok, bagaimana jika tidak terkejar? Beberapa menit galau untuk lanjut atau balik, terdengar suara turis dari China sekeluarga yang datang dari arah bawah. Kemudian melewati pagar itu dengan cara merayap / merunduk melewati sebuah lubang di bawah pagar. AHAAA! Kami tahu caranya.

Jalan Menuju Freedom Beach

Jalan Menuju Freedom Beach

Kami harus merunduk di bawah pagar besi ini.

Anak tangga menuju Freedom Beach

Anak tangga menuju Freedom Beach

Jalanan di lereng menuju Freedom Beach

Perjalanan berlanjut, kami turun melewati jalanan yang super sepi dan juga ratusan anak tangga. Kira-kira 25 menit berjalan (fyi, jalan kami super santai), kami sudah mendengar riuh gemuruh ombak berteriak. HOREE! Kami sudah sampai. “Semoga pantai ini tidak mengecewakan!”, hanya itu harapan kami.

Semua terbayarkan

“Untuk mencapai sesuatu yang indah, butuh usaha dan pengorbanan”. Mungkin kalimat ini tepat untuk menggambarkan keindahan yang disajikan oleh Freedom Beach. Pasir Putih sepanjang kurang lebih 300 meter, Lautan biru, bebatuan dan juga gemuruh ombak yang memecah keheningan. Pantai ini sangat sepi. Turis yang terlihat pun sangat sedikit dibanding di pantai-pantai lain yang kami kunjungi sebelumnya. Semua keringat perjalanan naik-turun bukit terbayar sudah.

Freedom Beach.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk menuju ke Freedom Beach. Kamu bisa naik longtail boat atau sejenis speedboat dari Patong. Atau kamu juga bisa naik dari Pantai Kata, Karon, atau Kamala. Hanya saja lebih mahal dan lebih lama. Harganya pun dimulai dari 1.200-1.500 baht per boat untuk perjalanan PP. Sayangnya, longtail boat ini hanya tersedia di high season.
Saat itu, itinerary ini kami buat dadakan hanya di 1 hari sebelumnya. Jadi kami tidak punya perencanaan yang cukup detail dan googling yang lebih banyak. Itu membuat kami berujung melewati jalur darat, melewati lereng yang curam dan cukup menantang. So, buat kamu yang ingin liburan, I highly recommend you untuk googling info sebanyak-banyaknya terlebih dahulu, biar waktu perjalanan kamu semakin efektif!

Freedom Beach

Ada banyak hal yang bisa dieksplor dari Freedom Beach. Sayangnya, waktu tidak mengijinkan kami. Pukul 3 sore saat itu. Kami tidak bisa berlama-lama di sana, karena shuttle bus menuju bandara akan menjemput kami jam 5 sore di Hotel.Semoga suatu saat kami bisa kembali lagi ke sini.

Refleksi

Di setiap kisah perjalanan, aku bukan saja ingin bercerita mengenai perjalanannya saja. Namun, aku ingin membagikan refleksi dari setiap perjalanan yang kulalui. Freedom beach mengajarkanku bahwa setiap perjalanan yang dilalui, sama seperti hidup yang naik turun. Jalanan terjal, mendaki, ada batu besar, ada kerikil yang justru harus membuat semakin berhati-hati. Kalau kita bertekun melewati semua perjalanan itu, kita akan mendapatkan sebuah reward yang baik di depan. Ada asa yang menanti di akhir perjalanan panjang.
Ku berpikir, jika aku dan temanku berhenti di tengah perjalanan tadi, kami hanya akan membawa pulang kekecewaan dan kelelahan. Walau lambat, tapi terus bertekun, senantiasa kita akan mencapai tujuan kita.


Apa pantai favorit kamu jika berkunjung ke Phuket, Thailand?

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s